oleh

Makna di Balik Bunga Poppy, Kenang Pahlawan hingga Pro dan Kontra

BolaSkor.com – Memasuki Oktober dan November Premier League dihiasi simbol bunga berwarna merah. Simbol bunga merah tersebut terlihat tertempel di jersey pemain dan pakaian manajer.

Simbol bunga merah merupakan bentuk penghormatan terhadap pasukan Inggris yang gugur di Perang Dunia I (1914-1918). Ketika itu pasukan Inggris yang tergabung dalam tentara sekutu banyak yang gugur saat bertempur melawan pasukan Jerman di lapangan Flanders, Belgia, pada 1917. Pertempuran itu berjalan amat brutal hingga menewaskan 400 ribu lebih pasukan sekutu yang di dalamnya terdapat pasukan Inggris.

Baca Juga:

Union Vs Hertha: Alasan Derby Berlin Jadi Laga Spesial

30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin: Susunan 11 Pemain Terbaik Kombinasi Jerman Timur dan Barat

Mengenang Tragedi Robert Enke dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Simbol bunga itu sendiri terkait dengan Lapangan Flanders yang dipenuhi bunga Poppy. Pada 1915, sebuah puisi berjudul “In Flanders Fields” diterbitkan oleh majalah Punch. Puisi yang ditulis Letnan Kolonel John McCrae menceritakan tentang kesedihannya yang ditinggal mati sahabat saat berjuang dalam Perang Dunia I.

Puisi tersebut membuat Moina Michael, relawan sebuah lembaga yang khusus menangani masalah wanita terinspirasi. Pada 1918, ia memutuskan untuk memakai bunga poppy sebagai sebuah usaha untuk mengingat jasa para pejuang Perang Dunia I. Sejak saat itu, penggunaan bunga poppy mulai meluas.

Pada 1921, Marsekal Douglas Heig dari Royal British Legion menyebarluaskan penggunaan poppy ini di Inggris Raya. Sampai sekarang, bunga poppy terus dikenakan untuk Remembrance Day.

Di Premier League sendiri, pemakaian bunga Poppy mulai serentak digunakan sejak 2012. Namun pada 2003, Leicester City menjadi pelopor sebagai klub pertama yang mengunakan simbol tersebut. Saat itu Leicester menyematkan bunga Poppy pada jersey pemain ketika mengundang para veteran perang pada Remembrance Day, hari untuk mengenang pahlawan di Inggris yang puncak peringatannya dilakukan setiap 11 November. Akan tetapi klub-klub di Premir League sudah menyematkan simbol bunga Poppy sejak akhir Oktober atau awal November.

Pro dan Kontra

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BOLA SKOR

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan