oleh

Dilatih Caretaker Yeyen Tumena, 3 Nama Baru yang Berpotensi Masuk Timnas Indonesia

INDOSPORT. COM – Timnas Indonesia berpotensi dihuni oleh sejumlah nama baru saat nanti ditangani oleh pelatih caretaker Yeyen Tumena.

Perubahan besar segera terjadi di tubuh Timnas Indonesia. Pelatih Simon McMenemy dicopot posisinya dan akan digantikan dengan juru taktik baru.

Hal ini tak lepas dari rentetan hasil buruk Timnas Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak kedua zona Asia. Satu grup bersama Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam, kiprah Skuat Garuda malah selalu menderita kekalahan dalam empat laga beruntun.

Pertandingan selanjutnya akan digelar 19 November 2019 mendatang kontra Malaysia. Simon McMenemy yang sejatinya bakal menjalani tugas terakhirnya di laga ini, enggan menemani Timnas Indonesia.

Kursi kepelatihan pun sementara dipegang oleh sang asisten, Yeyen Tumena. Tangan dingin Yeyen Tumena diharapkan bisa memberikan kemenangan pertama untuk Merah Putih.

Masuknya Yeyen Tumena sebagai caretaker berpotensi pula menghadirkan nama-nama baru. Sejumlah pemain yang sebelumnya jarang atau belum pernah mendapat panggilan, kemungkinan bakal mendapat kesempatan memebela Timnas Indonesia.

Lalu, siapa sajakah nama-nama baru yang berpotensi diandalkan Yeyen Tumena di Timnas Indonesia? INDOSPORT.com coba membuat perkiraannya dalam ulasan berikut.

Fadil Sausu (Bali United)

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Selebrasi Fadil Sausu usai mencetak gol ke gawang Perseru Badak Lampung FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (22/10/19). Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTSelebrasi Fadil Sausu usai mencetak gol ke gawang Perseru Badak Lampung FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (22/10/19). Foto : Nofik Lukman Hakim

Fadil Sausu sepertinya akan jadi nama baru di Timnas Indonesia era kepelatihan caretaker Yeyen Tumena. Maklum saja, Fadil Sausu musim ini mampu memperlihatkan permainan yang cukup konsisten.

Fadil yang dipercaya menjadi kapten Bali United, sukses mengantarkan klubnya bercokol di peringkat satu klasemen sementara Liga 1 2019. Peran Fadil juga selalu jadi andalan, lantaran mampu tampil 25 kali dalam 25 laga yang telah dilakoni Bali United.

Catatan kontribusinya tak kalah mentereng. Biasa menempati menempati sektor gelandang tengah, Fadil sejauh ini sudah mengoleksi dua gol dari enam assists.

Paling penting dan sangat dibutuhkan Timnas Indonesia, ialah terkait keahlian Fadil dalam mengeksekusi bola mati. Ia handal dalam melepaskan tendangan bebas yang akurat, baik langsung ke gawang ataupun diumpan ke rekannya.

Titus Bonai (Persipura Jayapura)

© liga1match

Titus Bonai melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang PSIS Semarang di Liga 1 2019. Copyright: liga1matchTitus Bonai melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang PSIS Semarang di Liga 1 2019.

Dua tahun belakangan, Timnas Indonesia kerap mempercayakan posisi penyerang kepada pemain naturalisasi, Beto Goncalves. Seperti di Asian Games 2018, Piala AFF 2018, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022, nama Beto Goncalves selalu masuk ke dalam susunan pemain Skuat Garuda.

Hal ini sepertinya bisa mengalami perubahan jika nanti Timnas Indonesia ditangani pelatih caretaker Yeyen Tumena. Tak lagi memakai Beto, Yeyen Tumena berpotensi untuk memberikan kesempatan penyerang lokal untuk jadi ujung tombak utama Timnas Indonesia.

Nama yang paling sesuai untuk dicoba ialah Titus Bonai. Penampilan pemain yang akrab disapa Tibo, pada gelaran Liga 1 2019 berhasil tampil tajam dengan catatan 12 gol dari 22 penampilan.

Tibo juga berperan atas kebangkitan Persipura Jayapura yang kini menduduki peringkat tiga klasemen. Padahal di awal musim dulu, tim Mutiara Hitam sempat terseok-seok dan hanya bersaing di papan bawah.

Abdul Aziz (Persib Bandung)

© Arif Rahman/Indosport.com

Pemain Persib Bandung, Abdul Aziz. Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPemain Persib Bandung, Abdul Aziz.

Persib Bandung perlahan menemukan jalan mulus di gelaran Liga 1 2019. Setelah sempat terseok-seok, Maung Bandung belakangan perkasa lagi lantaran bisa menorehkan empat kemenangan serta satu imbang dalam lima laga terakhir.

Kebangkitan Persib Bandung ini tak lepas dari peran memukau sang gelandang, Abdul Aziz. Pemain berusia 25 tahun itu mampu menjaga kedalaman dan menciptakan kreativitas di lini tengah Persib Bandung.

Hebatnya juga, Abdul Aziz selalu bermain dalam rekor apik lima laga terakhir Persib Bandung tadi. Bahkan ketika sekali Abdul Aziz dicadangkan di laga kontra Bhayangkara FC 23 Oktober 2019 lalu, Persib Bandung hanya bisa menuai hasil imbang saja.

Beda cerita ketika Aziz tampil sejak menit awal laga. Persib Bandung sukses mencetak empat kemenangan kala jumpa PSIS Semarang, Kalteng Putra, Persija Jakarta, dan Pesebaya Surabaya.

Kehebatan Abdul Aziz inilah yang pantas membuatnya masuk Timnas Indonesia. Yeyen Tumena butuh berani mcncoba nama baru seperti Aziz yang punya kemampuan spesial olah bola.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA OLAH RAGA INDOSPORT

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan