oleh

5 Hal Menarik Setelah Persipura Memperpanjang Dominasi atas Madura United

Bola.com, Bangkalan – Persipura Jayapura menuai hasil gemilang di markas Madura United dalam laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019. Tim Mutiara Hitam menundukkan tuan rumah dua gol tanpa balas alias 2-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Minggu malam (3/11/2019).

Dua gol Persipura Jayapura lahir berkat gelandang Muhammad Tahir pada menit ketiga dan striker Titus Bonai di menit ke-74.

Hasil ini membuat Persipura merangsek ke posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 43 poin dari 24 pertandingan. Tim Mutiara Hitam mendekati sang pemuncak klasemen, Bali United, yang telah mengoleksi 55 poin dengan jumlah pertandingan yang sama.

Madura United justru makin merana dengan kekalahan ini. Sebab, mereka tetap mengoleksi 44 poin di posisi kedua. Tapi, Laskar Sape Kerrab sudah menjalani 26 laga dan posisi mereka kini terancam oleh Persipura.

Pertandingan ini menunjukkan kualitas Persipura yang semakin solid di bawah arahan pelatih Jacksen F. Tiago. Tim kampiun ISL 2008-2009, 2010-2011, dan 2013 itu banyak mengandalkan talenta lokal tanah Papua selama musim ini.

Padahal, Persipura sempat kesulitan bersaing pada enam pertandingan awal Liga 1 2019 di bawah arahan pelatih Luciano Leandro. Sampai pekan kesembilan, mereka berkutat di peringkat ke-16 yang merupakan zona merah alias degradasi.

Kehadiran Jacksen F. Tiago sebagai pengganti Luciano Leandro mampu melahirkan pembeda dengan rekam jejaknya. Maklum, pelatih asal Brasil itulah yang memberikan tiga gelar ISL yang telah disebut di atas untuk Persipura.

Laga ini telah melahirkan beberapa hal menarik. Selain itu, Persipura juga jadi tim penantang baru untuk perebutan gelar juara di papan atas.

Bola.com telah merangkumnya dalam lima hal menarik setelah Persipura Jayapura mempermalukan Madura United di Bangkalan. Apa saja? Simak ulasannya:

2 dari 6 halaman

Dominasi Persipura atas Madura United

Sejak 2016, kedua tim tercatat sudah delapan kali berjumpa dalam TSC 2016 hingga tiga musim Liga 1. Hasilnya, Persipura mampu memenangi empat pertandingan di antaranya, termasuk laga ini. Madura United kalah sedikit dengan tiga kemenangan.

Bahkan, Persipura juga tercatat tidak pernah kalah melawan Madura United dalam dua tahun terakhir, tercatat di Liga 1 2018 dan 2019. Mereka membukukan tiga kemenangan atas tim asal Pulau Garam tersebut.

Kemenangan terbesar Persipura didapat saat pesta setengah lusin gol alias 6-0 ke gawang Madura United pada musim lalu (19/5/2019).

Selama musim ini, Persipura selalu memenangi dua pertandingan melawan Madura United. Masing-masing menang 1-0 di Jayapura (16/7/2019) dan 2-0 di Bangkalan (3/11/2019). Madura United tercatat tak berhasil membobol gawang Persipura musim ini.

3 dari 6 halaman

Persipura Tak Kalah 6 Laga

Persipura mampu membukukan catatan baru di Liga 1 2019. Termasuk kemenangan atas Madura United, Boaz Solossa dkk. sudah melewati enam pertandingan terakhir tanpa kekekalahan.

Jika ditarik ke belakang, Mutiara Hitam bahkan hanya kalah sekali saja dalam 14 pertandingan terakhir. Satu kekalahan itu terjadi saat mereka menjamu Persib Bandung dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (23/9/2019).

Dalam 14 pertandingan itu, Persipura mampu membukukan 10 kemenangan. Tiga laga lainnya berakhir seri melawan Borneo FC, PSS Sleman, dan Arema FC.

4 dari 6 halaman

3 Kemenangan Tandang

Tiga poin di kandang Madura United juga melengkapi tur tandang Persipura yang selalu menang dalam tiga laga terakhir. Sebelumnya, mereka mempermalukan Semen Padang 2-1 (24/10/2019) dan menang atas Badak Lampung 1-0 (28/10/2019).

Sebelumnya, tidak pernah ada kontestan Liga 1 yang mampu melewati tiga laga tandang secara beruntun dengan selalu meraih kemenangan. Bali United dan Tira Persikabo, yang pernah harus melewati rentetan tiga partai tandang, tak pernah membukukan 100 persen menang, yaitu satu atau dua di antaranya berakhir imbang.

Hanya Persipura jadi satu-satunya tim Liga 1 2019 yang bisa mencatatkan raihan poin sempurna saat menjalani tiga lawatan beruntun.

5 dari 6 halaman

Titus Bonai Top Scorer

Nama Titus Bonai alias Tibo semakin berkibar di kompetisi kasta tertinggi. Sumbangan satu golnya ke gawang Madura United membuatnya menjadi pemain Persipura paling tajam. Pemain berusia 30 tahun itu telah membukukan 12 gol.

Tibo kini masuk peringkat ketujuh daftar pencetak gol sementara di bawah dominasi pemain asing. Di atasnya ada Alex Goncalves (Persela/16), Marko Simic (Persija/16), Makan Konate (Arema/14), Beto Goncalves (Madura United/13), Yevhen Bokhasvili (PSS/13), dan Ilija Spasojevic (Bali United/13).

Khusus Beto dan Spasojevic, sebetulnya pemain yang telah berstatus sebagai pemain lokal karena telah menjadi WNI. Namun, dua pemain itu merupakan naturalisasi asal Brasil dan Montenegro.

6 dari 6 halaman

Kekalahan Pertama di Bangkalan

Keputusan Madura United menggunakan Stadion Gelora Bangkalan di putaran kedua memiliki dua alasan. Pertama, Stadion Gelora Madura, Pamekasan, sedang direnovasi. Kedua, mereka juga beberapa kalah bermain di stadion berkapasitas 15 ribu penonton itu.

Laskar Sape Kerrab berharap kembali mengamankan poin saat memainkan pertandingan di Bangkalan. Pernah mengalahkan tiga tamunya, Madura United akhirnya tumbang juga di kabupaten ujung barat Pulau Madura itu.

Hasil 0-2 dari Persipura membuat tim asal Pulau Garam itu menelan kekalahan pertama di Bangkalan. Sialnya, kekalahan itu didapat saat mereka berupaya untuk bersaing dengan Bali United di puncak klasemen.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA OLAH RAGA BOLA COM

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan