oleh

Kualifikasi MotoGP Jepang: Marquez Pole Position Perdana di Motegi, Rossi Yamaha Terburuk

BolaSkor.com – Hujan tidak turun pada sesi kualifikasi putaran ke-16 MotoGP 2019 di Sirkuit Motegi, Jepang, Sabtu (19/10).

Karena aspal sudah digunakan terlebih dahulu pada sesi kualifikasi Moto3 dan Moto2, para pembalap MotoGP bisa turun dengan ban botak lantaran trek sudah mengering.

Baca Juga:

FP3 MotoGP Jepang: Trek Basah, Danilo Petrucci Kalahkan Marc Marquez

FP2 MotoGP Jepang: Quartararo dan Vinales 1-2, Rossi Bangkit

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pun merasakan pole position kesepuluh di MotoGP dengan finis pertama. Ini merupakan pole position perdana pembalap asal Spanyol itu di Motegi sejak naik kelas ke MotoGP.

Persaingan ketat terjadi pada sesi kualifikasi pertama (Q1). Pembalap tuan rumah, Takaaki Nakagami sempat membuat penonton bersorak ketika ia berada di posisi pertama.

Namun di akhir sesi, justru rekan setimnya di LCR Honda, Cal Crutchlow dan pembalap Suzuki, Alex Rins bisa lolos ke Q2.

Run 1 Q2, Marquez langsung begitu dominan. Dia jadi pembalap pertama yang membukukan 1 menit 45 detik pada sesi kualifikasi untuk menempati posisi pertama.

Catatan waktunya tembus 1 menit 45,794 detik. Pada run 2, saat daya cengkeram ban mulai meningkat, Marquez bisa mempertajam lap terbaiknya menjadi 1 menit 45,763 detik.

Pembalap tim satelit Petronas Yamaha, Franco Morbidelli juga melakukan lap yang baik. Tapi ia hanya finis kedua dengan selisih 0,132 detik dari Marquez.

Pengendara Yamaha sendiri menempati posisi 2-4. Karena setelah Morbidelli, berturut-turut ada rekan setimnya, Franco Morbidelli dan Maverick Vinales.

Sementara rekan setim Vinales, Valentino Rossi kembali berstatus pembalap Yamaha terburuk. Dia bahkan nyaris terlempar dari 10 besar. Meski akhirnya bisa finis sepuluh.*

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BOLA SKOR

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan