oleh

Satgas Mina akan Diberangkatkan ke Mina Jumat Dini Hari

IHRAM.CO.ID, MAKKAH –  Sebagian petugas haji yang tergabung dalam Satuan Tugas Mina akan di berangkatkan ke Mina mulai Jumat (9/8) dini hari waktu Arab Saudi. Di sana, mereka akan mengecek segala sesuatu tentang persiapan tenda di Mina.

“Satgas Mina ini nanti malam (dini hari), mulai ada kelompok komando yang diberangkatkan, tugasnya untuk mengecek kesiapan fasilitas-fasilitas yang ada di tenda-tenda mina. Sehingga nanti 10  Zulhijjah dini hari sudah siap operasional dan siap menerima jamaah haji kita yang diberangkatkan dari Muzdalifah ke Mina,” kata Kepala Satgas Operasional Armuzna Kolonel TNI Jaetul Muchlis usai memberikan pengarahan kepada Satgas Mina di Kantor Urusan Haji Makkah, Kamis (8/8).

Menurut Jaetul, nanti ada kelompok komando yang mengecek kesiapan tenda di Mina. Jika ada kekurangan, nanti akan langsung ditindaklanjuti untuk kesiapan penerimaan jamaah haji dari Muzdalifah ke Mina.

Karena itu, Muchlis memberikan pemantapan kepada personel Satgas Mina yang berada di bawah Satgas Operasional Armuzna. Mereka akan mulai bertugas lama yaitu sejak 10 hingga 13 Zulhijjah.

“Ini pendalaman tusi (tugas dan fungsi) dan juga pendalaman untuk petugas di pos-pos stasioner yang ada di Mina khususnya untuk sektor ad hoc yang senantiasa ada di tengah-tengah jamaah haji Indonesia di maktab-maktab yang tersebar di Mina mulai Maktab 1 hingga Maktab 76,” kata Jaetul. 

Menurut Jaetul, tugas dari Sektor Ad Hoc adalah memberikan pelayanan  di maktab-maktab yang ada. Walaupun pada  intinya layanan-layanan itu diberikan oleh pihak maktab tapi para petugas ini membantu jika terjadi sesuatu pada jamaah.

Selain itu, petugas di Sektor Ad Hoc juga  memantau kedatangan dan  keberangkatan dari tenda-tenda di Mina menuju tempat lempar jumrah (jamarat). Dan, juga mengecek kelengkapan jamaah yang ada di tenda-tenda. “Nah ini sebagai pion-pion kita untuk mengetahui keadaan dan keberadaan jamah haji kita,” kata Jaetul.  

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA OLAH RAGA KANAL SEPAKBOLA – REPUBLIKA

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan