oleh

Nintendo, Sony, dan Microsoft Berikan Kebijakan Baru Tentang Keterbukaan Rate Lootbox

Follow Us

Kasus tentang Lootboxes memang sedang ramai diperbincangkan mulai dari EA yang tak ingin disamakan dengan judi, Senat Amerika yang mulai melarang lootboxes, hingga rocket league yang memutuskan untuk menghapuskan sistem lootboxes.

Nulis artikel dibayar

Berawal dari FTC (Sebuah badan di Amerika yang melindungi hak Customer) melakukan workshop yang diikuti oleh beberapa perusahaan gaming dan anggota ESA (Entertaiment Software Asssociaton). Membahas tentang perlindungan konsumen terhadap isu lootbox.

Dilansir dari website ESA, dalam pembahasan masalah lootboxes beberapa perusahaan console Sony, Nintendo, Microsoft memberikan dan menyutujui sebuah kebijakan baru yang berhubungan dengan lootboxes berbayar. Mereka meminta agar setiap game developer dan publisher yang rilis pada platform mereka memberikan keterbukaan informasi tentang rate kemungkinan dan kelangkaan yang bisa didapatkan pada lootbox berbayar yang ditawarkan.

ESA juga menginformasikan belum ada kepastian waktu tentang kebijakan ini akan di implementasikan, namun mereka semua berharap bahwa kebijakan baru ini bisa terlaksana dan berjalan dengan baik pada tahun 2020 mendatang. Publisher game besar juga setuju mengenai kebijakan baru ini. Selain itu beberapa perusahaan Game dan publisher seperti Activision Blizzar, BANDAI NAMCO Entertaiment, Bethesda, EA, Microsoft, Nintendo, Sony Interactive Entertaiment, Take-Two Interactive, Ubisoft, Warner Bros, serta peserta workshop lain, bakal mengimplementasi kebijakan ini pada game yang memiliki fitur Lootbox. Baik itu game baru mereka mendatang dan untuk seluruh game yang telah mereka buat melalui update.

Selain itu melalui EURO Gaming pihak Playstation dan Nintendo juga menginformasikan akan mengembangkan sistem semacam parental control agar mampu mengatur dan mengetahui informasi pembelian item in-game yang mereka lakukan. Dengan demikian kebijakan baru tentang keterbukaan lootboxes ini mendapat persetujuan bersama dan sedang berusaha di-implementasikan secepatnya. Tentu hal ini mampu memberikan pengalaman dan kenyamanan baru untuk para pemain game diseluruh dunia serta menjauhkan mereka dari bahaya Lootbox berbayar yang tak terkontrol.


Sumber: Eurogamer, ESA, FTC.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Lootbox atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA GAME BROTT

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan