oleh

5 Data dan Fakta Menarik Lomba MotoGP Austria: Dominasi Pembalap Ducati

BolaSkor.com – Usai berlomba di Sirkuit Brno, Rep. Ceko, akhir pekan lalu, akhir pekan ini, semua pembalap akan mengikuti lomba putaran sebelas MotoGP 2019 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

GP Austria bakal jadi momen penting untuk pimpinan klasemen. Karena jika menang lagi, maka ia akan mencetak hattrick podium pertama. Sekaligus semakin kokoh di puncak klasemen pembalap.

Hanya saja jika melihat sejarah, pembalap Ducati punya rekam jejak manis di Red Bull Ring. Berikut data dan fakta menarik GP Austria yang dikumpulkan BolaSkor.com.

Baca Juga:

Performa Hebat Marc Marquez Buat Semua Lawan Alami Krisis

Rata-rata Kecepatan Lomba Brno, Bukti Top Speed dan Akselerasi Motor Yamaha Sangat Payah

Jorge Lorenzo Menang di Red Bull Ring Tahun 2018
Jorge Lorenzo Menang di Red Bull Ring Tahun 2018 (Zimbio)

1. Ducati Dominan

Red Bull Ring kembali masuk kalender balap Kejuaraan Dunia Balap Motor sejak 2016. Sejak itu pula, pembalap Ducati selalu bisa finis pertama pada lomba ini. Rinciannya, Andrea Iannone musim 2016, Andrea Dovizioso tahun 2017, dan Jorge Lorenzo musim 2018. Menarik dinantikan apakah rider Ducati bisa melanjutkan dominasi ini. Karena di MotoGP 2019, Marquez membuktikan bisa kencang pada semua tipe sirkuit.

2. Sirkuit Super Cepat

Red Bull merupakan trek yang memiliki panjang 4,318 km dengan tikungan berjumlah 10. Yang menarik dari sirkuit ini adalah begitu banyaknya sektor lurus panjang. Seperti sektor 1 ke 2 dan sektor 8 ke 1 yang merupakan area start-finis. Karena karakteristik inilah, motor Ducati yang memang punya kelebihan dalam hal akselerasi dan top speed selalu kompetitif di sini.

3. Berganti-ganti Nama

Dalam sejarahnya, sirkuit ini beberapa kali berganti nama dan juga lay out trek. Bermula Osterreichring tahun 1969-1995. Kemudian A1-Ring tahun 1996-2004. Baru bernama Red Bull Ring tahun 2011 sampai sekarang. Nama Red Bull sendiri tentunya diambil dari perusahaan minuman berenergi asal Austria yang merogoh kocek 70 juta euro untuk peremajaan sirkuit tahun 2008.

4. Tikungan Niki Lauda

Untuk menghormati wafatnya juara dunia F1 tiga kali asal Austria, Niki Lauda, pada 30 Juni 2019, Tikungan 1 pertama sirkuit ini dinamakan Niki Lauda Curve. Untuk diketahui, Lauda wafat 20 Mei 2019 dalam kondisi sedang tertidur.

Niki Lauda
Niki Lauda (Zimbio)

5. Home Race Red Bull dan KTM

Lomba GP Austria merupakan home race Red Bull dan tim pabrikan KTM yang memang berasal dari negara ini. Kebetulan Red Bull sendiri berstatus sponsor utama tim pabrikan KTM dan tim satelit KTM Tech 3. Ironisnya, tidak ada satu pun pembalap tuan rumah yang akan berlomba akhir pekan ini.*

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BOLA SKOR

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan