oleh

Peran Pemain Berdarah Indonesia dalam Kesuksesan Karier Matthijs de Ligt

INDOSPORT. COM – Matthijs de Ligt belakangan santer dikabarkan akan merapat ke Manchester United. Bila ditelisik, ternyata ada peran Indonesia di dalam kabar transfer Matthijs de Ligt tersebut.

Nama Matthijs de Ligt memang jadi salah satu pemain muda yang bersinar di sepanjang musim 2018/19. Baru berusia 19 tahun, Matthijs de Ligt mampu mengemban jabatan kapten Ajax Amsterdam, dan membawa klubnya juara Liga Eredivisie Belanda.

Tak heran bila kemudian nama Matthijs de Ligt laku di pasaran bursa transfer musim panas 2019. Setidaknya sudah ada dua tim top yang mendekat, yakni Manchester United dan Barcelona.

Namun, Manchester United kabarnya sudah selangkah lebih dekat untuk mendapatkan Matthijs de Ligt. Menurut laporan Sport, Setan Merah telah menawarkan gaji tinggi sekitar 240 ribu poundsterling (Rp4 miliar) per pekan kepada pemain asal Belanda itu.

Jika ditelisik lebih jauh ke belakang, sejatinya ada peran pemain keturunan Indonesia dalam proses transfer Matthijs de Ligt ke Manchester United. Terutama bila melihat perjalanan karier Matthijs de Ligt hingga bisa sesukses seperti sekarang.

Ya, Matthijs de Ligt tak akan bisa dilirik oleh Manchester United bila tidak menjalani karier hebat di akademi muda Ajax Amsterdam. Selama membela tim muda Ajax Amsterdam inilah, peran Indonesia nampak pada diri seorang Matthijs de Ligt.

Kembali ke tahun 2016, Matthijs de Ligt masih menjadi bagian tim Ajax Amsterdam U-21. Menurut catatan Transfermarkt, Matthijs de Ligt bergabung ke Ajax Amsterdam U-21 sejak 1 Juli 2016. 

Kala masih membela Ajax Amsterdam U-21, Matthijs de Ligt ternyata satu tim dengan pemain Timnas Indonesia, Ezra Walian. Keduanya saling bahu membahu membela Ajax Amsterdam U-21 untuk mengarungi kompetisi Divisi Kedua Liga Belanda.

Peran pemain keturunan Indonesia ternyata tak hanya sebatas Ezra Walian saja. Ada pula sosok Darren Sidoel, pemain keturunan Indonesia yang juga jadi rekan satu tim Matthijs de Ligt di Ajax Amsterdam U-21.

Sayangnya, Sidoel belum sama sekali sempat merumput bersama dengan Matthijs de Ligt. Saat Sidoel mulai jadi pemain utama di Ajax Amsterdam U-21, Matthijs de Ligt sudah promosi ke tim utama Ajax Amsterdam.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA OLAH RAGA INDOSPORT

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan